Bisnis merupakan aktivitas yang menyiapkan barang dan jasa yang diperlukan/diinginkan oleh konsumen dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memiliki badan hukum maupun tidak.
- Pengertian dan ruang lingkup bisnis
- Pengertian dan bentuk-bentuk usaha
- Sistem ekonomi dan bisnis
- Lingkungan Perusahaan di Indonesia
- Etika Bisnis dan Tanggungjawab Sosial Perusahaan
- Memahami Kewirausahaan
- Manajemen Bisnis
- Manajemen dan Manajer
- Etika Manajemen dan Tanggungjawab Sosial
- Planning
- Organizing
- Human Resource Management
- Kepemimpinan
- Motivasi
- Komunikasi
- Controlling
Manajemen Operasi
Manjemen Operasi merupakan serangkaian aktivitas yang menciptakan barang dan jasa dengan cara mengubah input menjadi output
- Produktivitas
- Forecasting
- Layout
- MRP
- Aggregate Planning
- JIT
- Manajemen Kualitas
Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran,penetapan harga,promosi serta penyaluran gagasan barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memunuhi sasaran individu dan organisasi
- Pasar Sasaran dan Segmentasi
- Pemasar dan Prospek
- Produk
- Kepuasan Pelanggan
- Saluran Pemasaran
- Penetapan Harga
- Persaingan
- Lingkungan Pemasaran
- Bauran Pemasaran
Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan merupakan semua aktivitas perusahaan yang berhubungan untuk mendapatkan dana dengan biaya yang murah dan mengalokasikan dan tersebut secara efisien
- Analisis Rasio Keuangan
- Analisis Sumber dan Penggunaan Dana
- Analisis BEP
- Manajemen Piutang & Kas
- Manajemen Persediaan
- Manajemen Modal Kerja
- Nilai,Waktu dan Uang
MSDM
MSDM merupakan suatu strategi dalam penerapan fungsi manajemen yang ditujukan bagi peningkatan kontribusi produktif dari SDM terhadap pencapaian tujuan organisasi secara lebih efektif dan efisien.
- Perencanaan SDM (Human Resources Planning)
- Analisis Jabatan (Job Analysis)
- Rekruitmen dan Seleksi Karyawan
- Pelatihan Karyawan
- Penilaian Kinerja
- Manajemen Karir
- Kompensasi
- Pengintegrasian
- Pemeliharaan Karyawan
- Pemberhentian Karyawan
PT ASTRA
Astra berdiri pada tahun 1957 sebagai perusahaan perdagangan. Seiring dengan perjalanan waktu, Astra membentuk kerja sama dengan sejumlah perusahaan kelas dunia.
Saat ini Astra bergerak dalam enam bidang usaha yaitu: Otomotif ; Jasa Keuangan ; Alat Berat, Pertambangan dan Energi ; Agribisnis ; Teknologi Informasi ; Infrastruktur dan Logistik.
Pada 31 Desember 2011 jumlah karyawan Grup Astra mencapai 168.945 orang yang tersebar di 158 perusahaan, termasuk anak perusahaan, perusahaan asosiasi dan jointly controlled entities
Tata Kelola PT ASTRA
Dalam menjalankan roda perusahaan, manajemen Astra mempercayai dan memahami bahwa setiap keputusan bisnis yang diambil harus berdasarkan pada Catur Dharma. Sepanjang sejarah Astra, nilai-nilai falsafah tersebut selalu menjadi acuan manajemen. Dan dengan berjalannya waktu nilai-nilai tersebut semakin terinternalisasi dan tercermin dalam semua aspek operasional perusahaan.
Walaupun begitu, dengan perkembangan bisnis yang makin kompleks, dirasakan semakin perlu adanya suatu proses tata kelola yang terstruktur untuk mengelola aktivitas bisnis Astra agar tetap sejalan dengan Catur Dharma serta mengarahkannya agar tetap berlangsung di masa yang akan datang.
Keadaan ini mendorong diawalinya suatu inisiatif pada akhir tahun 2006 untuk menyusun suatu pedoman agar dalam menata kelola bisnisnya Direksi tetap profesional, transparan dan bertanggung jawab. Dalam perkembangannya pedoman ini kemudian dikenal sebagai Pedoman Good Coorporate Governance (GCG) yang juga menjadi acuan anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris dalam menjalankan perusahaan agar senantiasa memperhatikan peraturan perundang-undangan, anggaran dasar Perseroan serta prinsip GCG yaitu transparansi, akuntabilitas, responsibilitas dan kesetaraan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar